Minggu, 11 April 2010

STRATEGI PEMBELAJARAN

Posted by Eko 09.46, under | No comments

 Stategi belajar mengajar merupakan pola umum perbuatan-guru siswa dalam mewujudkan kegiatan belajar-mengajar. Pengertian strategi dalam halini menunjukkan pada karekteristik abstrak perbuatan guru-siswa dalam peristiwa belajar aktual tertentu.

Strategi adalah suatu rencana tentang cara-cara pendayagunaan dan penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi (pengajaran). Dalam strategi terdapat metode belajar mengajar yaitu cara atau jalan untuk mencapai tujuan pengajaran. Dalam mencapai tujuan, terbuka kemungkinan memilih berbagai metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa dan kemampuan guru yang bersangkutan. Dalam strategi belajar mengajar juga terkandung teknik mengajar yaitu pemakaian alat-alat bantu mengajar dan atau cara-cara menggunakan metode mengajar yang relvan dengan tujuan agar dapat memotivasi siswa belajar yang optimal. Di dalam strategi belajar mengajar juga terdapat alat bantu (media) pengajaran. Alat ini digunakan untuk meningkatkn proses pencapaian tujuan dengan cara memperjelas dan mempermudah bahan pelajaran yang dipelajari.

Srategi yang berarti “Rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus” adalah tindakan guru dalam melaksanakan rencana pembelajaran.Artinya, usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel pembelajaran (tujuan, bahan, metode, alat dan evaluasi). Dengan kata lain strategi mengajar adalah taktik yang digunakan dalam melaksanakan/praktek mengajar di kelas.Nilai guna yang didapatkan bagi guru adalah agar tercapainya tujuan melalui kegiatan yang terprogram.

Menurut Nana Sudjana dalam bukunya Dasar-dasar Proses Belajar mengajar, bahwa strategi mengajar merupakan tindakan guru dalam menggunakan beberapa variabel pengajaran seperti tujuan, bahan, metode dan alat serta evaluasi, agar dapat mempengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

Strategi mengajar pada dasarnya adalah tindakan nyata dari guru atau merupakan praktek guru melaksanakan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien.Dengan kata lain, strategi mengajar adalah politik atau taktik yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Politik atau taktik tersebut harus mencerminkah langkah-langkah yang sistemik, artinya bahwa setiap kompunen pembelajaran harus saling berkaitan satu sama lain dan sistematik yang mengandung pengertian bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran itu tersusun secara rapi dan logis. Sehingga tujuan yang ditetapkan tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar